Resep Kue Bolu Kentang

Bahan-bahan:



- 200 gram kentang kukus, haluskan
- 150 gram gula pasir
- 4 butir telur
- 100 gram tepung terigu
- 50 gram tepung maizena
- 1 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh garam
- 100 ml minyak sayur
- 50 ml susu cair


Cara Membuat:



1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan. Kupas kentang dan kukus hingga empuk. Setelah itu, haluskan kentang dengan garpu atau blender.
2. Ambil mangkuk besar, kocok gula pasir dan telur hingga tercampur rata. Tambahkan kentang yang sudah dihaluskan dan aduk hingga tercampur rata.
3. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, baking powder, dan garam ke dalam adonan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
4. Tambahkan minyak sayur dan susu cair ke dalam adonan, aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.
5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung terigu. Pastikan loyang terisi setengahnya saja agar kue tidak mengembang terlalu tinggi.
6. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 10 menit. Setelah itu, masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama 30-40 menit hingga matang.
7. Setelah matang, keluarkan loyang dari oven dan biarkan kue dingin sebelum dihidangkan.


Nutrisi:



- Kalori: 208 kalori
- Lemak: 10 g
- Karbohidrat: 26 g
- Protein: 4 g
- Serat: 1 g
- Gula: 14 g
Kue bolu kentang merupakan salah satu jenis kue yang cukup populer di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, kue bolu kentang juga memiliki tekstur yang lembut dan moist. Untuk membuat kue bolu kentang yang enak, Anda perlu memperhatikan bahan-bahan dan cara membuatnya dengan baik.
Bahan utama yang digunakan untuk membuat kue bolu kentang adalah kentang. Anda bisa menggunakan jenis kentang apa saja, namun disarankan untuk menggunakan jenis kentang yang memiliki tekstur yang lembut seperti kentang putih atau kentang cokelat. Kentang yang sudah dikukus kemudian dihaluskan dengan garpu atau blender.
Selain kentang, bahan-bahan lain yang diperlukan antara lain gula pasir, telur, tepung terigu, tepung maizena, baking powder, garam, minyak sayur, dan susu cair. Semua bahan diaduk hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan.
Setelah adonan siap, tuangkan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung terigu. Pastikan loyang tidak terlalu penuh agar kue tidak mengembang terlalu tinggi. Panggang kue di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 30-40 menit hingga matang.
Kue bolu kentang bisa dinikmati sebagai camilan atau hidangan penutup. Kue ini memiliki nilai nutrisi yang cukup baik, dengan kandungan kalori sebesar 208 kalori per porsi, lemak sebesar 10 gram, karbohidrat sebesar 26 gram, protein sebesar 4 gram, serat sebesar 1 gram, dan gula sebesar 14 gram. Namun, sebaiknya dikonsumsi dengan bijak dan tidak berlebihan.

close