Resep Dendeng Batokok yang Menggugah Selera

Pengenalan



Dendeng batokok merupakan makanan khas Minangkabau yang terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan dikeringkan. Rasanya yang gurih dan pedas membuat dendeng batokok menjadi camilan yang populer di Indonesia. Banyak orang yang ingin mencoba membuat dendeng batokok sendiri di rumah. Namun, tak semua orang tahu bagaimana cara membuat dendeng batokok yang enak dan menggugah selera.


Bahan-bahan



Untuk membuat dendeng batokok, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:


  1. 500 gram daging sapi has dalam

  2. 2 sendok makan kecap manis

  3. 1 sendok makan saus tiram

  4. 1 sendok teh garam

  5. 1 sendok teh merica bubuk

  6. 1 sendok teh ketumbar bubuk

  7. 5 siung bawang putih, haluskan

  8. 2 lembar daun jeruk, iris tipis

  9. 2 sendok makan air asam jawa

  10. Minyak goreng secukupnya



Cara Membuat



1. Potong tipis daging sapi


Potong daging sapi has dalam menjadi tipis-tipis dengan ketebalan sekitar 2-3 mm.

2. Marinasi daging sapi


Campurkan kecap manis, saus tiram, garam, merica bubuk, ketumbar bubuk, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan daun jeruk. Aduk rata dan lumuri daging sapi dengan bumbu tersebut. Diamkan selama minimal 1 jam agar bumbu meresap ke dalam daging sapi.

3. Pengeringan daging sapi


Setelah daging sapi dimarinasi, tiriskan dan keringkan dengan oven atau jemur di bawah sinar matahari. Pastikan daging sapi benar-benar kering dan keras.

4. Goreng daging sapi


Goreng daging sapi dalam minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan dan renyah. Tambahkan air asam jawa pada saat proses penggorengan untuk memberikan rasa asam manis pada dendeng batokok.

5. Penyajian


Dendeng batokok siap disajikan. Dendeng batokok bisa disimpan dalam wadah tertutup dan disimpan di tempat yang kering agar tahan lama.


Penutup



Itulah resep dendeng batokok yang enak dan menggugah selera. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mencoba membuat dendeng batokok sendiri di rumah. Selamat mencoba!

close